450 Satgas Organik Yonif Raider 712/Wiratama Siap Disebar, Amankan 11 Pos Daerah Rawan Papua

Jayapura, swarakawanua.id-Sebanyak 450 prajurit Organik Yonif Raider 712/Wiratama Kodam XIII/Merdeka akan melaksanakan tugas operasi sebagai Satuan Tugas (Satgas) Organik Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan), di wilayah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Komando Resor Militer (Korem) 173/Praja Vira Braja yang akan menggantikan Satgas Organik Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang Kodam III/Siliwang.

Kedatangan Satgas Organik Yonif Raider 712/Wiratama disambut langsung Komandan Korem (Danrem) 173/Praja Vira Braja Brigjen TNI Sri Widodo, S.I.P., M.Si., M.Sc. selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops).

Megahmark

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dengan Komandan Upacara (Danup) Dansatgas Organik Yonif Raider 712/Wiratama Letkol Inf Madiyan Surya, S.Hub.Int., M.Han. sedangkan Pasilog Korem 173/Praja Vira Braja Kapten Inf Syaparudding bertindak sebagai Perwira Upacara (Paup), pada upacara penyambutan Satgas Organik Yonif Raider 712/Wiratama, yang digelar di Lapangan upacara Makodim 1710 Mimika, jalan Agimuga Mile 32, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Rabu (14/12/2022) .

Komandan Komando Garnisun Fungsional (Dankogarfung) wilayah Papua, yang juga sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danrem 173/Praja Vira Braja Brigjen TNI Sri Widodo, S.I.P., M.Si., M.Sc. mengucapkan selamat datang kepada Satgas Satuan Organik Yonif Raider 712/Wiratama di Bumi Cenderawasih.

Dikatakan mantan Paban VII/Latma Sops TNI tersebut, sebagaimana diketahui bahwa Papua merupakan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang memiliki nilai strategis bagi kedaulatan negara.

“Dalam pelaksanaan tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) sesuai dengan tugas pokok dan aplikasikan setiap materi materi dalam latihan pratugas, sehingga terhindar dari kesalahan prosedur dan pelanggaran yang dapat merusak citra TNI Angkatan Darat,”ucapnya.

Selain itu, moril prajurit harus tetap terpelihara dan kembangkan loyalitas, solidaritas serta jiwa korsa selama penugasan agar tercipta kekompakan dan kebersamaan dengan seluruh Aparat Keamanan TNI-Polri di daerah tugas serta tidak terjadi gesekan di lapangan.

” Segera beradaptasi dengan daerah penugasan agar dapat melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional serta terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan ,” ungkap Danrem.

Pada kesempatan itu Danrem menekankan 6 atensi Pangdam XVII/Cenderawasih kepada seluruh prajurit :

  • Dalam setiap kegiatan awali dengan berdoa sehingga Tuhan YME meridohi semua tugas yang kita lakukan.
  • Selalu waspada dan perhatikan faktor keamanan personil dan materiil.
  • Selalu monitor perkembangan situasi (Bangsit), jangan mudah terprovokasi yang dapat timbulkan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).
  • Laksanakan koordinasi dengan pihak berwenang atau kepolisian dan aparat pemerintahan untuk antisipasi dan eliminir hal yang tidak kita inginkan.

-Jaga kesehatan perorangan karena merupakan hal mutlak dalam mendukung pelaksanaan tugas

  • Pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam pelaksanaan tugas.

Kegiatan upacara penyambutan diakhiri dengan pengarahan oleh Danrem 173/Praja Vira BrajaBrigjen TNI Sri Widodo, S.I.P., M.Si., M.Sc. selaku Dankolakops kepada seluruh prajurit Satgas Organik Yonif Raider 712/Wiratama agar dapat melaksanakan tugas pokok secara optimal.(Echa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *