Basarnas Manado Selenggarakan Kegiatan SAR Community

TOMOHON swarakawanua.id- Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Manado (Basarnas Manado) menyelenggarakan kegiatan SAR Community,Bertempat di Willam Resort Kota Tomohon Selasa-Rabu 21/22 November 2023.

Kegiatan SAR Community diikuti 3 (tiga) Organisasi Potensi SAR di Sulawesi Utara meliputi : FKPA SULUT, FPTI SULUT, dan Organisasi Master Guide Pathafinder Gereja Masehi advent hari ketuju. SAR Community merupakan kegiatan pemasyarakatan sar di lingkungan Basarnas sulut, kegiatan komunitas yang seharusnya hanya diikuti satu komunitas saja namun mengingat ini adalah yang pertama kali sehingga Basarnas sulut memilih komunitas yang memiliki kesamaan kegiatannya, seperti pecinta alam dan master guide ataupun federasi panjat tebing.

Megahmark

Peserta Sar Comumity berjumlah 75 orang dan 2 orang observer pusat pada kegiatan tersebut.
Melalui kegiatan pemasyarakatan dan penyuluhan SAR, Comunity basarnas sulut menitikberatkan pada peningkatan dan pengetahuan di bidang medis, jungle rescue, water rescue dan sharing kegiatan komunitas.

Perlu diketahui bersama bahwa daerah kita Sulawesi utara sering terjadinya bencana maupun kecelakaan.Bencana bisa terjadi kapan saja, dimana saja, bisa menimpa siapa. Pemerintah sebagaimana amanat uud 45 melindungi segenap bangsa artinya seluruh stakeholder harus bahu membahu membantu manusia yang tertimpa musibah atau bencana. Tindakan pencegahan atau mitigasi mutlak dilaksanakan. Melalui kegiatan pemasyarakatan Sar Comunity diharapkan menjadi salah satu tindakan prefentif mengurangi dampak resiko akibat bencana ataupun musibah lainnya.

Berty Kowaas Ketua Penyelenggara SAR Communiy menyampaikan bahwa tugas di Bidang SAR (Search and Rescue) atau Pencarian dan Pertolongan sesuai UU 29 tahun 2014 yang mempunyai tugas pokok membantu Presiden di Bidang Pencarian dan Pertolongan pada Kecelakaan penerbangan, pelayaran, Bencana pada tahap tanggap darurat, serta Kondisi Membahayakan jiwa manusia. Selain itu pembinaan potensi Sar juga menjadi perhatian khusus Basarnas,mengingat jumlah personil basarnas yang terbatas.

“Saya harap melalui pembinaan potensi SAR lewat program SAR comunity, akan dapat membantu Basarnas pada saat penyellengaraan operasi SAR di wilayah Sulawesi Utara,” tandasnya .(Echa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *