Ketua DPRD Manado Pimpin Paripurna Pengesahan APBD 2024

Manado,Swarakawanua.id-Ketua DPRD Manado Aaltje Dondokambey memimpin jalannya Paripurna Pengesahan APBD 2024, Kamis (9/11/2023) di ruang paripurna kantor dewan Manado.

Didampingi Wakil Ketua I Nortje Van Bone, Wakil Ketua II Adrey Laikun dan dihadiri Walikota Manado Andre Angouw, disaksikan Sekot Manado Micler Lakat SH MH.

Megahmark

Hadir pula para legislator DPRD Manado, unsur Forkompinda dan kepala SPKD.

Disampaikan Dondokambey, agendanya berlangsung setelah dilakukan pembahasan beberapa hari sebelumnya, antara Banggar DPRD Manado dan TAPD Pemkot Manado.

“Beranjak ke penetapannya, kita terlebih dahulu mendengarkan hasil pembahasan oleh perwakilan Banggar,” kata dia.

Tampil sebagai pembaca yang sudah ditunjuk adalah Legislator Ir Jean Sumila.

Merinci penetapannya, ikut disebutkan Anggaran dan Belanja Kota Manado 2024 sebesar Rp 1,777.416.780.802 Trilyun lebih.

Lanjut Sumilat, itu pula terdiri dari belanja operasi, modal dan biaya tak terduga, yakni bernilai Rp 1,810.496.708.802 Trilyun lebih.

Sedangkan, surplus atau defisit sebesar Rp 33.80 Milyar serta penerimaan pembiayaan Rp 80 milyar.

Dan, pengeluaraan pembiayaan Rp 51.920 milyar dan pembiayaan netto Rp 33.80 Milyar. 

Turut disebutkan pula beberapa instansi wajib sepert Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan dan lainnya.

“Pendapat akhir setiap fraksi pula tak bisa dipisahkan dan menyatakan menyetujui ranperda tentang APBD Manado 2024 untuk diproses dan ditetapkan menjadi perda,” ujarnya.

Lepas itu, dibacakan pula hasil pembahasan Panitia Khusus (Pansus) Ranperda tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor II tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Manado yang disampaikan oleh Mona Kloer SH MH.

Mengisi paripurna itu, pengesahan pun berlanjut dengan penandatanganan berita acara keputusan paripurna.

Walikota sendir usai itu dalam sambutan, menyampaikan terima kasih untuk pimpinan dan anggota DPRD Manado yang sudah membahas. Termasuk, TAPD Pemkot Manado.

Dikatakann Walikota, terbentuknya dua Ranperda ini nantinya dapat memicu perkembangan ekonomi di Kota Manado khususnya dengan adanya Perda APBD Tahun 2024.

Di sisi lain, untuk pemilu dia mengharapkan, untuk dijalankan dengan damai.

“Terima kasih sudah menyelesaikan pembahasan dan menghadapi pemilu, kedamaian harus dijaga dengan suasana hati gembira,” tutup Dia. (Advetorial/Lipsus/Danz*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *