Kompromi Politik Duo Sahabat Lama di Pilkada Manado?

Mor Bastian dan James Karinda saat foto bersama di rumah duka almarhum Herry Kereh di kecamatan Mapanget

Megahmark

Manado,.SwaraKawanua.ID-Duo sahabat lama kembali bertemu dalam suasana duka cita atas meninggalnya almarhum Herry Kereh alias Herker, Minggu (29/11) kemarin malam di kecamatan Mapanget. Kedua sahabat lama yakni calon walikota Manado Mor Bastian dan Direktur PT Air Manado, James Karinda SH, MH. Keduanya pernah menjalani suasana keakraban sebagai pemimpinan DPRD kota Manado 10 tahun lalu.

James Karinda saat menjabat wakil Ketua DPRD kota Manado mewakili Fraksi PDIP, sedangkan Mor Bastian tetap setia dari dulu hingga sekarang kepada partai Demokrat. Keduanya sama-sama menjabat wakil ketua DPRD kota Manado, sementara Ketua DPRD kota Manado dijabat Drs. Danny RW. Sondakh dari partai Golkar. Lima tahun Mor Bastian dan James Karinda merajut hubungan pertemanan dalam bingkai partai berbeda bersama Danny Sondah dalam memimpin lembaga dewan Manado.

Banyak cerita menarik dilalui keduanya, baik suka maupun duka selama periode dewan tersebut. Bahkan pada akhirnya James Karinda berlabu di partai Demokrat. Perbedaan pandangan politik keduanya disatukan dalam gerbong partai Demokrat.

Mor Bastian kemudian menjabat wakil walikota Manado mendampingi DR. GS. Vicky Lumentut sebagai walikota Manado setelah menang Pilkada 2016 lalu. Sedangkan James Karinda sudah duduk sebagai anggota DPRD Sulut dari partai Demokrat. Hubungan pertemanan mereka makin kental dalam bungkai partai Demokrat. Apalagi James Karinda dipercayakan sebagai Ketua Harian Partai Demokrat oleh Vicky Lumentut sebagai Ketua Demokrat Sulut sebelum pindah ke partai Nasdem.

Sementara Mor Bastian tetap dipercayakan partai sebagai Bendahara DPD I Demokrat Sulut. Namun kini pertemanan keduanya diuji di Pilkada Manado. Dimana Mor Bastian maju sebagai calon walikota Manado dari partai Demokrat koalisi dengan partai PAN, sedangkan James Karinda telah mundur dari partai Demokrat karena menjabat Direktur PT Air Manado. Jabatan Karinda tidak lepas dari dorongan walikota Manado sebagai salah satu owners PT Air Manado. Tak heran jika James Karinda harus loyal terhadap Walikota Manado sebagai atasannya. Itu dibuktikan lewat Pilkada Manado setelah istri Walikota Manado yakni Paula Runtuwene alias JPAR maju di Pilkada Manado berpasangan dengan calon wakil walikota Harley Mangindaan alias Ai dengan jargon PAHAM. Mor Bastian yang maju calon walikota Manado akan kompetisi dengan JPAR yang tak lain adalah istri walikota Manado.

Mor Bastian dan James Karinda akan kembali diuji pertemanan mereka di Pilkada Manado. Wajar jika Karinda akan all out memenangkan Paslon Paham dan tidak ada kompromi politik dengan Mor Bastian. Namun tidak menutup kemungkinan kompromi politik Mor dan Karinda bisa saja terjadi karena keduanya punya ikatan emosional yang sangat kental. Benarkan keduanya telah membangun kompromi politik di Pilkada Manado??. (dance Siahaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *