Masyarakat Keluhkan Pelayanan KTP/KK di Disdukcapil Minsel

Amurang,SwaraKawanua.ID- Warga yang ingin mengurus KTP dan kartu keluarga (KK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), mengeluh atas pelayanan yang diberikan oleh pegawai /staf diinstansi tersebut. Pasalnya, berbagai alasan diberikan oleh mereka di instansi tersebut tanpa melihat waktu yang terbuang percuma dari masyarakat yang datang mengurusi data diri administrasi kependudukan.

Bahkan ada masyarakat yang sudah berapa kali bolak-balik untuk pengurusan KTP, namun birokrasi pengurusan sangat lambat. “Coba bayangkan dari bulan Juni perekaman dilalukan sampai saat ini belum memegang KTP elektronik padahal sudah tiga kali datang ke Capil. Bahkan ada juga yang sudah tiga kali menyerahkan kartu keluarga sebagai syarat pembuatan KTP dan menunggu sampai sore dalam antrian tapi hanya memegang Surat keterangan penduduk (SUKET) dengan alasan blangko kosong” keluh warga.

Megahmark

Apalagi jika keluhan itu terjadi bagi masyarakat dari wilayah Motoling, yang menempuh jarak cukup jauh datang ke Disdukcapil Minsel.

.Tokoh masyarakat di kecamatan Amurang Timur Max Lomboan menyampaikan ketika pemerintah yang baru terpilih dilantik, maka harus memperhatikan pelayanan publik. “Pemimpin yang baru harus mempertimbangkan dinas-dinas yang berhubungan dengan pelayanan publik agar pelayanan prima cepat dan tepat dapat memuaskan masyarakat Minsel. Untuk itu, orang-orang yang ditempatkan harus betul-betul paham dan peka dengan kebutuhan masyarakat,” saran Max Lomboan.

Ketua Ranting PDIP desa Maliku ini juga berharap sistem birokrasi pelayanan tidak rumit dan berbelit-belit sehingga pelayanan kepada masyarakat berjalan baik dan maksimal. (ronald/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *