PDIP Manado Paling Banyak 15, Ideal 13 Kursi DPRD Manado (Catatan: Dance Siahaya)

Manado, Swarakawanua.id-Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 akan menjadi momentum bagi Partai Politik (Parpol) merebut kekuasaan di parlemen. Parpol akan berlomba-lomba merebut kemenangan di Pemilu nanti. Terlebih lima partai besar, PDIP Manado, Demokrat, Golkar dan Nasdem dan Gerindra Manado.

Pemilu 2019 lalu, walaupun Kota Manado dikuasai oleh partai Demokrat kemudian Nasdem sebelum gelaran pesta demokrasi dilaksanakan. Namun Banteng Manado akhirnya mampu unjuk kekuatan di Pemilu 2019 lalu, dengan meraih total 10 kursi di DPRD Kota Manado.

Sehingga PDIP Manado keluar sebagai pemenang Pemilu 2019 secara Nasional termasuk di Kota Manado. 10 kursi diraih PDiP di DPRD Kota Manado diikuti Partai Demokrat 6 kursi, Nasdem dan Golkar masing-masing 5 kursi. Namun karena perolehan suara Nasdem lebih banyak, sehingga mencatat rekor baru menjadi wakil pimpinan DPRD Kota Manado menggantikan posisi Golkar sebelumnya.

Di Pemilu 2024 ini, Banteng Manado yang memegang kekuasaan eksekutif sampai legislatif, punya target besar di Parlemen Manado. Tak tanggung-tanggung, target 20 kursi DPRD Kota Manado dipasang oleh PDIP Kota Manado yang dipimpin dr. Richard Sualang yang juga Wakil Walikota Manado, sebagaimana informasi yang beredar di kalangan kader dan pengurus PDIP.

Angka 20 kursi DPRD yang dipasang PDIP Manado di Pemilu 2024 memang bukan angka yang mudah, tapi bukan sulit bagi Banteng Manado. Itu karena partai-partai lain dipastikan tidak akan tinggal diam dengan target kursi jumbo PDIP tersebut.

Parpol lainnya juga akan memasang strategi jitu untuk merebut hati rakyat pada tanggal 14 Februari 2024 sebagaimana agenda pencoblosan Pemilu 2024.

Karena itu, PDIP Kota Manado dipastikan telah menyiapkan line up Caleg yang hebat-hebat di lima Dapil di Kota Manado serta memantapkan infrastruktur partai demi meraih target 20 kursi DPRD Kota Manado. Namun hal itu, tidak semudah membalik telapak tangan, karena bertambahnya partai, maka persaingan akan semakin ketat di Pemilu 2024.

Tapi, harus diakui bahwa PDIP Manado di bawah kendali Richard Sualang makin solid. Memasang target 20 kursi DPRD itu sangat wajar bagi Banteng yang saat ini berkuasa di Kota Manado. Karena itu, jika dihitung-hitung untuk meraih target dimaksudkan, maka 3, 4 sampai 5 kursi tiap dapil di Kota Manado wajib menjadi harga mati bagi PDIP Manado.


Dengan demikian, rincian target 20 kursi PDIP dari dapil besar yakni Wenang-Wanea 4-5 kursi dari kuota 9 kursi, Dapil Singkil-Mapanget 3-4 kursi dari 9 kursi, Sario-Malalayang 3 kursi dari kuota 8 kursi, Tikala-Paal dan Tuminting-Bunaken Darat dan Bunaken Kepulauan masing-masing target 3 kursi dari kuota 7 kursi di dua dapil tersebut.

Namun hitungan target 20 kursi itu masih dalam hitungan bayang-bayang pemilu.


Karena PDIP Kota Manado dari 10 kursi naik menjadi 15 kursi DPRD Kota Manado sudah sangat hebat dengan kondisi dinamika politik semakin tinggi jelang Iven politik 2024. Bahkan idealnya Banteng Manado meraih 13 kursi di DPRD Kota Manado sudah sangat manis.

Rincian prediksi kursi PDIP paling banyak 15 kursi dan paling sedikit 13 kursi.

Dapil Wenang-Wanea diprediksi masih tetap 3 kursi. Itu karena kabar berhembus Hengky Kawalo peraih suara terbanyak PDIP Manado di Wenang-Wanea tidak dipasang lagi di line up 2024. Kawalo dinilai layak perkuat line up dapil Manado ke gedung Kairagi sebutan DPRD Sulut.

Hengky Kawalo saja meraup 3 ribu lebih suara di Pemilu 2019. Begitu juga dengan Jeane Laluyan yang dikabarkan akan diplot ke kuota perempuan Dapil Manado ke DPRD Sulut. Jeane Laluyan mencatat angka 2.800 suara lebih di Dapil Wenang-Wanea.

PDIP Manado harus putar otak tujuh keliling mencari figur yang tak kalah hebatnya dari dua sosok legislator Manado tersebut. Jika tidak, maka target 4-5 kursi di Dapil Wenang Wanea tidak bisa terwujud. Minimal mempertahankan 3 kursi di Dapil Wenang-Wanea itu sudah ideal dan mantap bagi Banteng Manado. Apalagi di dapil itu bertaburan bintang ketua partai, sehingga persaingan dipastikan super ketat.

Prediksi Dapil Sario Malalayang hanya 3 kursi.

PDIP akan kerja keras meraih 3 sampai 4 kursi dari dua kursi sebelumnya di dapil tersebut. Merebut 3 kursi di dapil itu saja sudah sangat luar biasa dari kuota 8 kursi.

Jane Sumilat, Christy Cici Masengi, Novie Lumowa, Ketua KNPI Manado yakni Pepah dikabarkan juga bakal memperkuat line up Sario Malalayang serta berhembus kabar legislator dua periode yakni Robert Tambuwun dari Perindo akan berlabuh di PDIP memperkuat Sario-Malalayang.

3 kursi Dapil Sario Malalayang sudah menjadi harga mati PDIP dengan format line up tersebut.

Dapil Singkil-Mapanget diprediksi PDIP raih 3 kursi.

PDIP Manado hanya akan ketambahan 1 kursi dari dua kursi sebelumnya sehingga menjadi 3 kursi. Itu karena Golkar akan mengkapling 1 kursi, Demokrat 1 kursi, Nasdem 1 kursi, Gerindra 1 Kursi, PAN 1 kursi, PKS dan PSI berebut 1 kursi terakhir.

Dapil Tikala Paal 2 diprediksikan masih tetap dua kursi. Itu karena kuota di dapil tersebut cukup kecil yakni hanya 7 kursi. Sehingga mencari 3 kursi di dapil Tikala-Paal 2 agak sedikit repot. Dua kursi sudah menjadi harga mati direbut. Itupun kalau Altje Dondokambey masih turun memperkuat line up ataupun diganti oleh anaknya yang dipastikan akan meraup suara signifikan.

Karena Pemilu 2019 lalu, PDIP meraih dua kursi yakni di posisi kursi pertama Altje Dondokambey dan kursi terakhir atas nama Andre Gerungan.

Dapil Tuminting Bunaken Darat dan Bunaken Kepulauan diprediksikan hanya 2 kursi. Itu karena pada Pemilu 2019 lalu, PDIP hanya meraih 1 kursi dari kuota 7 kursi. Sehingga pada Pemilu 2024 ini, PDIP Manado dipastikan akan menambah 1 kursi, sehingga menjadi 2 kursi di DPRD Kota Manado. Dengan demikian, prediksi hitungan ideal PDIP Kota Manado akan merebut 13 kursi paling rendah dan paling tinggi 15 kursi di parlemen Kota Manado. (Danz*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *