Pemkab Minut Dapat Bantuan Alat Peringatan Dini Tsunami

Minut, Swarakawanua.id – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendapatkan bantuan peralatan dengan teknologi terkini untuk peringatan Dini Tsunami Display Warning Receiver System generasi terbaru (WRS-NewGen) di Kantor Bupati Minut.

Bupati Joune Ganda didamping Wakil Bupati (Wabup) menuturkan fungsi alat ini selalu siap menerima dan memberikan informasi cepat terkait peringatan dini gempa bumi dan tsunami di Wilayah Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya.

Megahmark

“Jadi, ketika terjadi gempa, dalam kurun waktu kurang dari 3 menit setelah gempa, alat ini sudah menerima pesan peringatan terkait status gempa yg berpotensi tsunami atau tidak. Sehingga dapat memberikan peringatan dan arahan kepada masyarakat yang beresiko atau daerah berdampak,” ujar Bupati.

Bupati berharap dengan adanya teknologi ini BMKG stageof Manado dan BPDB Minut bisa membabtu upaya pengurangan risiko bencana kegempaan kedepan. Dijelaskanya alat tersebut telah terpasang sejak 30 November 2023 di atrium Kantor Bupati Minut.

“Alat juga dapat membantu masyarakat yang datang langsung melihat dan mendengar pesan ketika ada gempa dan peringatan dini jika terjadi gempa yang berpotensi. Semoga lewat peralatan yg ada ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Minahasa Utara,” tutur Bupati didamping Wabup Kevin Wiliam Lotulong.(Mesakh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *