Proses Hukum Masih Berjalan, Pembangunan Puskesmas Pulisan Tak Kantongi Alas Hak Jelas

Minut, Swarakawanua.id – Pembangunan Puskesmas Pulisan, Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur (Liktim) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) ternyata tak kantongi alas hak jelas.

Paslanya, status kepemilikan lahan berdasarkan register Desa milik dari masyarakat sedangkan berdasarkan informasi yang diterima lahan tersebut telah diterbitkan sertifikat oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minut.

Megahmark

Hukum Tua Desa Pulisan Benhard Djarang menyatakan sah-sah saja pembangunan Puskesmas Pulisan tetap berjalan.

“Pembangunan tetap berjalan. Tapi pemilik lahan tetap melakukan proses hukum,” kata dia.

Sementara ketua LSM BAKKIN Sulut Calvin Limpek menyoroti pembangunan Puskesmas tersebut. Menurutnya, kalau benar lahan tersebut masih menjadi milik warga bagaimana cara mereka menerbitkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Jadi, ini sudah pernah dilakukan mediasi dimana pembangunan tetap berjalan akan tetapi proses hukum masyarakat tetap berjalan. Ini aneh kalau lahan itu milik warga bagaimana cara mereka menerbitkan IMB untuk pembangunan fisik,” beber Calvin.

Menurutnya, aneh lahan bermasalah akan tetapi pembangunan Puskesmas Pulisan tetap dilanjutkan. Ia meminta dinas terkai untuk dapat mengkaji kembi dasar hukum pembangunan ini.

“Alas hak lahan belum jelas ada baiknya diperjelas dulu. Kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam hal ini dinas terkait untuk melakukan pengkajian kembali,” tandasnya.(Mesakh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *